-->

Sunday, October 30, 2016

10 TIPS JITU MERAWAT LAPTOP Dell XPS 13 DARI KERUSAKAN HARDISK


Hallo guys, kali ini saya akan membahas
 tentang cara merawat harddisk. Khusunya bagi pengguna laptop merk DELL. Disini saya memakai laptop Dell XPS 13  dimana laptop ini sangat nyaman saya pakai, dengan harga cukup terjangaku, laptop ini menawarkan kinerja yang luar biasa dan stabil. Dan yang lebih penting lagi, laptop ini memiliki body yang slim, hmm, I like it.
Spesifikasi
Tipe 
 Ultraportable, Ultrabook     
Sistem Operasi    
 Windows 10
Prosesor   
 Intel Core i5-6200U
Kartu Grafis
 Intel HD Graphics 520
RAM  
 8 GB
Penyimpanan 
 256 GB SSD
Daya Tahan Baterai  
 10 jam lebih

CARA MERAWAT HARDISK LAPTOP Dell XPS 13

harddisk adalah salah satu komponen yang penting, kalau sudah rusak bikin puyeng kepala apalagi kalo banyak data penting didalamnya dunia serasa berakhir, lebay banget ya hehe. Maka dari itu sob harddisk juga perlu dirawat gak cuma doi aja. For your information aja nih sob, harddisk mempunyai banyak bagian di dalamnya seperti komponen elektronik, motor pemutar cakram, dan cakram magnet sebagai media penyimpanannya. Oke langsung to the point aja cara merawat harddisk sobat agar awet, seperti kata kakek saya lebih “baik mencegah daripada mengobati” hehe. Gak usah lama lama ini dia caranya:

1.       Jangan terlalu banyak membagi partisi harddisk sobat. 

     Yang saya anjurkan lebih baik 3 partisi:
DRIVE C untuk sistem
DRIVE D untuk file penting sobat
DRIVE E untuk file lain
Alasannya adalah jika sobat terlalu banyak membagi partisi performa atau kecepatan membaca harddisk sobat akan menurun, ada kalanya file sobat akan crash namun kejadian ini jarang terjadi.


2.       Jangan terlalu sering memformat harddisk. 

      Penjelasan gampangnya gini sob, harddisk itu terdiri dari banyak komponen nah setiap komponen pasti ada batasannya sob termasuk batasan temperatur. Nah pas sobat memformat harddisk lampu indikatornya pasti nyala yang artinya terjadi aktivitas di dalam haddisk, semakin lama komponen didalam harddisk bekerja berarti komponennya semakin panas bener kan sob, nah panas yang berlebihan ini yang memperpendek umur harddisk sobat. 

3.       Close semua aplikasi dan matikan komputer sobat dengan shut down.

      Kebanyakan orang menganggap remeh hal sepele ini sob padahal dampaknya pada harddisk cukup besar sob. Coba bayangin ketika harddisk sobat sedang berputar lalu seketika dimatikan tanpa menghentikan aplikasi yang berjalan pasti harddisk sobat akan shock dan bad sector.

4.       Jangan membuat penyimpanan harddisk sampai penuh

      sebaiknya sisakan sedikit ruang ya sob. Karena kinerja komputer sobat bisa menurun karena kehabisan disk space. Idealnya, sisakan free space hardsik yaitu 20% dari total kapasitas hardisk tersebut

5.       Rutinlah Mendefrag Hardisk

         Hal ini di perlukan untuk merapikan system – system yang tidak berurutan pada hardisk. namun ingat,     jangan terlalu sering melakukan defrag hardisk. karena bisa menyebabkan badsector pada hardisk. idealnya, defrag di lakukan max 2 kali dalam 1 bulan.

6.Bersihkan Chace dan Temporary file

Silahkan anda memakai Tool bawaan windows ataupun software pihak ketiga seperti CC CLEANER.
Pada setiap laptop, semua software yang pernah kita buka akan tersimpan pada hardisk, yang biasanya di sebut temporary file. Nah, apabila ini tidak di bersihkan, makan akan memenuhi kapasitas hardisk laptop kamu sob.


7.       Jaga harddisk sobat dari guncangan

     misalnya laptop sobat berjatuh atau terbentur benda keras, ini akan menyebabkan harddisk sobat cepat rusak.


8.       Bersihkan Virus

      Gunakan antivirus untuk menjaga komputer dan harddisk sobat dari virus berbahaya yang membuat harddisk dan komputer sobat buruk dan merusak sistem harddisk.

9.       Antisipasi konsleting Listri

      Kalau sobat menggunakan PC alangkah baiknya sobat menggunakan stablizer atau stavolt untuk mengindari aliran listrik yang mati mendadak, karena hal ini bisa membuat harddisk sobat cepat rusak seperti yang saya jelaskan pada poin 4.

10.   Jaga Temperatur Laptop

       Jangan menggunakan laptop sobat di atas kasur ataupun tempat yang menyerap panas. Karena suhu panas bisa membuat harddisk sobat cepat rusak dan hang karena panas. Lebih baik gunakan laptop di meja atau di area yang tidak menyerap panas.

Itu dia tips dari saya sob, gak ribet kan? Ini demi menjaga agar hardisk sobat berumur panjang, dan kalau harddisk sobat ada kerusakan sebaiknya di bawa ke service center aja karena lebih terjamin servicenya. Oh iya tambahan lagi dari saya sob jangan lupa backup data data di harddisk sobat secara berkala, tujuannya udah jelas sob biar pas harddisk sobat ada masalah data data sobat aman, kalo saya sendiri sih biasa backup 1 bulan sekali. Sekian tips dari saya yang saya kasih judul TIPS JITU MERAWAT LAPTOP Dell XPS 13 DARI KERUSAKAN HARDISK. semoga bermanfaat ya sob.
Thank you

Back to Top