-->

Sunday, November 20, 2016

SOLUSI HARDISK YANG BERBUNYI BEEP ATAU CREEK.. CREEK.. (WORK)


Hard disk adalah salah satu perangkat Laptop yang sangat penting dan juga cukup sensitif. kita tidak sadar dengan memakainya secara terus – menerus akan, tetapi kita tidak merawatnya dengan baik dan rutin, tiba-tiba hard disk yang kita pakai tersebut mengalami kerusakan baik itu secara logic (software) seperti, partisi tidak mau terdeteksi, booting awal sangat lama, sampai file yang kita punya bisa hilang dengan sendirinya. Ataupun itu secara fisiknya seperti piringan hard disk tidak berfungsi, dan hard disk sering berbunyi creek...creek...creek... berulang-ulang.

Disini saya akan membahas salah satu kerusakan hard disk secara fisik yaitu terjadi bunyi creek...creek...creek... disaat Laptop sedang bekerja. Kerusakan ini terjadi dengan adanya bunyi creek...creek...creek... berulang dan layar Laptop yang sedang kita pakai akan mengalami freeze terkadang bisa mengalami bluescreen.


INILAH PENYEBABNYA, HARD DISK LAPTOP ANDA BERBUNYI CREEK...CREEK...CREEK...


1.            Hard disk menerima panas yang berlebih


Tidak terpikirkan oleh kita seberapa lama memakai Laptop entah itu di Kantor atau pun di Rumah mungkin bisa sampai 12 jam Laptop dalam keadaan menyala
Bahkan bisa menyala sampai 2 hari khususnya untuk yang sering bermain game dan render animasi akibatnya hard disk pun akan menerima panas yang berlebih karena terus menerus dipakai dan membuat kemungkinan hard disk mengalami kerusakan semakin besar.


2.            Hard disk terkena guncangan atau terbanting


Bagi pengguna Laptop, kita sering tidak menyadari, apabila kita sering memindah – mindahkan laptop dengan tidak hati – hati akan berakibat kerusakan pada hard disk. Karena Hard disk akan mengalami kerusakan jika sering terkena guncangan atau terbanting. Entah itu file yang ada didalam hard disk tersebut corrupt, tidak bisa terdeksi diLaptop ataupun terjadi kerusakan fisik seperti mengalami bunyi creek...creek...creek....


3.            Hard disk yang sudah berusia sangat lama


Semua barang elektronik yang sudah berusia lama ada kemungkinan mengalami kerusakan terutama yang tidak pernah dipakai atau tidak dirawat dengan baik.


4.            Aliran listrik kurang stabil


Sering sekali Laptop mati mendadak karena konsleting listrik, itu akan berakibat buruk untuk perangkat Laptop terutama hard disk dan terhadap file didalamnya.



SOLUSI DARI HARD DISK LAPTOP YANG MENGELUARKAN SUARA CREEK...CREEK...CREEK...



1.            Memberi Kipas pendingin pada Laptop 


Kebiasaan orang, sering menggunakan laptop di atas kasur atau beralasan bantal, hal itu sungguh tidak baik, karena alas kasur atau bantal sangat cepat membuat laptop menjadi panas dan berakibat pada kesehatan hard disk. Untuk itu, selalu gunakan kipas laptop atau COOLER. Dengan memberi kipas pendingin pada Laptop maka akan berpengaruh paada Laptop, suhu panas diLaptop akan dikurangi dan perangkat yang ada didalam pun akan mendapatkan suhu yang lebih baik dan mencegah adanya overheat pada hard disk yang akan otomatis akan memperpanjang usia pada perangkat tersebut.


2.            Pakai stabilizer / UPS (komputer/PC)


Sering terjadi padam listrik secara tiba-tiba atau aliran listrik dirumah kurang stabil dianjurkan untuk memakai stabilizer atau UPS agar tidak terjadi PC mati mendadak dan mengakibatkan kerusakan pada perangkat PC terutama hard disk,  juga pada file didalam pc agar tidak mengalami error.


3.            Ganti Kabel sata yang tersambung di hard disk (komputer/PC)


Ini merupakan cara sementara yaitu dengan mengganti kabel sata dengan kabel sata lain untuk disambungkan ke hard disk akan tetapi cara ini hanya bertahan sebentar, kemungkinan hard disk akan mengalami bunyi creek...creek...creek... kembali.


4.            Bersihkan hard disk dari debu dan lakukan disk defrag


Hard disk yang kotor akan mempengarui kinerja hard disk, coba untuk membuka casing Laptop/PC lalu cabut dan bersihkan hard disk dari debu.


5.            Ganti power supply  (komputer/PC)


Power supply sangat mempengaruhi usia PC jika power supply bagus maka usia Laptop pun akan lebih awet, terlebih lagi jika PC sering dipakai untuk bermain game dan proses rendering maka power supply akan sangat mempengaruhi, ada beberapa cara memilih power supply yg bagus yaitu dengan melihat merek dan sertifikasinya, minimal belilah power supply dengan sertifikat 80+ bronze.


6.   Defrag Hard disk


Terlalu seringnya kita meng – instal dan meng – uninstal progam dalam laptop kita, akan mempengaruhi kinerja laptop kita. Karena, setiap kita meng – instal dan meng – uninstal progam, akan membuat system yang berurutan di dalam hard disk menjadi berantakan. Oleh karena itu, lakukan defragment hard disk, agar system yang berantakan tersebut bisa rapi kembali. Namun ingat, defraglah hard disk anda max 1 bulan 2 kali, apabila terlalu sering mendefrag, akan mengakibatkan kerusakan (bad sector) pada hard disk laptop anda.


7.            Service Hard disk atau beli hard disk baru


Jika cara diatas sudah dilakukan akan tetapi tetap saja berbunyi creek...creek...creek... maka servicelah hard disk ditempat service yang terpercaya atau pergi ke service center sesuai merek hard disk tersebut, jika masih saja tidak bisa maka cara terakhir belilah hard disk baru, mungkin hard disk tersebut sudah sangat lama dan mencapai batas usianya jika masih terdapat garansinya akan lebih baik karena tidak menghabiskan biaya.


Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya,
Jika ada kata-kata yang tidak sesuai bahkan salah saya ucapkan mohon maaf sebesar-besarnya.




Back to Top