-->

Wednesday, November 23, 2016

FAKTOR YANG MENGAKIBATKAN HARDISK TIDAK TERBACA (ternyata, kalian sering melakukannya)


Kalian pasti bingung, dengan hardisk anda yang tiba – tiba tidak terdeteksi, dan tidak bisa masuk bios, nah, daripada kalian bingung, simak artikel saya di bawah ini, agar semua pertanyaan anda bisa terjawab.

macam kerusakan-kerusakan dalam hardisk seperti:

-          Bad Sector Normal Error Correction Code (ECC) Failure
-          Bad Sector Integritas (Integrity Disk Error)
-          Bad Sector Fisik (Physical Error)
-          Bad Sector Tidak umum (Unknown Error)

-          Hardisk Tidak Terdeteksi

Jika harddisk terjatuh, dan Head mengenai bagian platter media/media penyimpan data. Apa itu Head? Head merupakan sebuah alat atau piranti yang berfungsi untuk membaca data dan merekan informasi pada permukaan pelat ke dalamnya. Setiap pelat harddisk memiliki dua buah head. Head ini berupa piranti yang elektromagnetik yang ditempatkan pada permukaan pelat dan menempel pada sebuah slider. Slider melekat pada sebuah tangkai yang menempel pada actuator armss. Actuator armss dipasang mati pada poros actuator pada ssuatu papan yang disebut dengan logic board. Jika head tersentuh pada media atau tergores atau nyangkut tidak kembali ke tempatnya maka sudah pasti ini masalah besar. Bisa jadi harddisk tidak terdeteksi karena ada bunyi knocking / clicking / dll. Data harddisk tersimpan di media seperti media piringan CD/DVD jika sudah tergores maka pasti sulit membaca atau mengakses informasi read/write pada disc cd/dvd. Saat sekarang semua harddisk baru telah dilengkapi pelindung sehingga jika terjadi kerusakan pada pcb harddisk dan walaupun kita mempunyai sebuah pcb yang 100% sama dan dipasang di harddisk yang rusak tapi tidak dapat terdeteksi harddisk tersebut. Mengapa ? karena harddisk jaman sekarang sudah terpasang semacam kode encrypt di dalam komponen elektronik yang menandakan mesti pakai komponen asli baru bisa berfungsi/berjalan dengan normal. Tapi untuk seorang ahli recovey data yang dilengkapi alat canggih maka biasanya memiliki alat decrypt untuk membuka kode2 tersebut. Sehingga kasus2 seperti harddisk My passport dengan mudah bisa diakses datanya.

Jika harddisk mati total maka dipastikan tidak terdeteksi di BIOS. Jika saat ada listrik di harddisk, dan saat hardisk disentuh tangan ada terasa getaran namun jika terdeteksi sebagai 0GB atau asci atau bahasa komputer informasi harddisk atau tidak terdeteksi partisi di Windows atau terdeteksi partisi tapi tidak bisa dibuat partisi baru / terdeteksi drive tapi tidak bisa di format.

Salah satu penyebabnya bisa dikarenakan kerusakan firmware. Jika mengenai masalah faktor umur sehingga harddisk tidak terdeteksi. Harddisk itu sendiri juga merupakan sebuah alat elektronik yang mempunyai kelemahan bila terlalu sering dipakai (secara tidak normal atau tidaka beraturan) maka bisa menyebabkan harddisk semakin melemah. Begitu juga dengan elektronik dan mekanik alat-alat lain. elektronik di atas pcb harddisk terdiri dari komponen elektronik suatu hari juga akan menurun kinerjanya dan termasuk di dalam mesin harddisk.


FAKTOR PENYEBAB HARDISK TIDAK TERDETEKSI



Harddisk tidak terdeteksi bisa di karenakan :

1.      Faktor umur sebuah alat elektronik akan selalu menurun dan semakin lama melemah sehingga bisa menyebabkan hardisk tidak berfungsi secara normal.

2.      Mati total sehingga tidak ada getaran saat kabel power dipasang dan otomatis tidak terdeteksi di BIOS dan seterusnya. 

3.      Harddisk terkena bad sector sehingga menyebabakan harddisk tidak terteksi di bios maupun di desktop.

4.      Firmware rusak. Firmware adalah software yang yang mengatur kerja harddisk dan menyimpan informasi tentang harddisk tersebut, mulai dari tipe, model, serial number, kapasitas, microcode dan lainnya. Jika bagian ini rusak akan menyebabkan drive tiba-tiba mati dan tidak diakui oleh BIOS komputer.

5.      Harddisk terjatuh sehingga head mengenai bagian platter media/media penyimpan data.

6.      Salah colokan power/ kabel usb (miring saat colok kabel). Biasanya kasus ini menyebabkan komponen terbakar atau bagian jack terbakar.

7.      Tegangan listrik tidak stabil atau UP DOWN akan membuat sistem fungsi hardisk mengalami gangguan error diisk

8.      Faktor Hardisk terlalu Over, hardisk terlalu over juga akan membuat hardisk bekerja lambat kemudian lama kelamaan akan membuat hardisk tersebut menjadi hang.

 Faktor-faktor di atas yang paling sering menjadi penyebab sebuah harddisk tidak terdeteksi. jadi, berhati - hatilah dan jaga hardisk kalian

Back to Top