-->

Friday, November 18, 2016

YUK Kenali Tanda - Tanda Kerusakan Hardisk Laptop Toshiba Lengkap dengan Cara Cek Kerusakan Hardisk ()


Hay guys, kali ini saya akan membahas TANDA – TANDA KERUSAKAN HARDISK YANG SERING DI ALAMI OLEH LAPTOP TOSHIBA.  Apa aja sih TANDA – TANDA KERUSAKAN HARDISK LAPTOP TOSHIBA dan kenapa ya kok bisa terjadi, yuk kita simak tips berikut :

Kerusakan hardisk adalah masalah yang selalu membuat pusing.  Seiring berjalannya waktu, setiap hardisk pasti bakal rusak, tapi bukan berarti semuanya rusak dengan penyebab yang sama. Saat ini, rata-rata masa penggunaan hardisk adalah 6 tahun, kurang lebih 50%-nya bisa bertahan lebih dari itu. Biasanya, kerusakan yang terjadi pada hardisk disebabkan oleh kesalahan produksi, tetapi lebih sering lagi kerusakan disebabkan karena kita tidak memakai dan merawat hardisk dengan benar.


Ada baiknya kita secara rutin mengecek tanda-tanda kerusakan pada hardisk untuk mengetahui kondisi hardisk kita. Semakin cepat kita mendeteksi tanda-tanda kerusakan pada hardisk, semakin cepat pula kita memperbaiki kerusakan tersebut sebelum terlanjur parah. Maka dari itu, mari kita simak tanda-tanda dan diagnosa kerusakan hardisk dibawah ini.

Tanda-tanda kerusakan hardisk


1.       Data menghilang: Kehilangan data bisa disebabkan oleh kerusakan mekanis dalam hardisk tersebut. Dalam berbagai macam kasus, kita biasanya mendengar suara yang tidak biasa ketika hardisk sedang kita gunakan.

2.       Komputer 'freeze' atau 'hang': 'Hang' dalam komputer memang biasa terjadi dan bisa diperbaiki dengan melakukan reboot. Namun, jika itu sering terjadi, maka kemungkinan kondisi hardisk anda dalam keadaan sekarat.


3.       Data 'corrupt': Jika anda telah mengunduh suatu file dan menginstallnya tanpa halangan, namun tiba-tiba filenya menjadi corrupt, maka kemungkinan hardisk anda sedang mengalami gradual failure

4.       Bad sector: Satu sector pada hardisk menyimpan beberapa data yang bisa diakses pengguna. Ada dua jenis sector, sector soft dan sector hard. Dalam banyak kasus, Windows bisa memperbaiki kerusakan soft sector dengan cara memformat ulang hardisk. Tetapi, jika ada kerusakan hard sector, ini mengindikasikan kerusakan fisik, yang tidak bisa diperbaiki.


5.       Suara: Kalau hardisk anda mengeluarkan suara yang tidak biasa seperti suara berdecit atau melengking, ini merupakan berita buruk.

Mendiagnosa kerusakan hardisk


Setelah mengetahui tanda-tanda kerusakan hardisk, mari kita mencoba mendiagnosa kerusakan hardisk.

1.       Jika bisa, bongkar laptop dan cek kabel koneksi hardisk. Jika sebelumnya laptop atau komputer masih berfungsi normal, kemungkinan bukan masalah koneksinya, tapi pastikan bahwa hardisk terpasang dengan baik. Buka Device Manager, lalu pastikan controller/motherboard tidak mengalami masalah atau kerusakan karena hal tersebut bisa juga menyebabkan hardisk tidak bisa digunakan.

2.       Cek virus atau malware. Data yang tiba-tiba corrupt atau menghilang bisa disebabkan oleh adanya virus/malware, begitu juga dengan komputer yang sering 'hang'. Gunakan software anti-virus normal untuk membasmi virus-virus tersebut.


3.       Cek partisi hardisk. Biasanya, kegagalan partisi bisa menjadi penyebab kerusakan hardisk. Sayangnya, file kadang tidak dapat dikembalikan dari situasi begini karena hardisk harus diformat dan dipartisi ulang.

4.       Cek bad sector, pada Windows, klik kanan 'My Computer', pilih 'Properties', ganti ke tab 'Tools'. Tekan tombol 'Check' maka Winows bakal mengidentifikasi bad sector. Kemudian, Windows bakal mencoba memperbaiki bad sector tersebut. Jika gagal, maka kemungkinan besar hardisk anda sedang mengalami gradual failure.


5.       Kalau diagnosa diatas tidak bekerja, sayang sekali, kemungkinan besar hardisk anda mengalami kerusakan mekanis/fisik dan harus diganti. Walaupun belum tentu bekerja, silahkan coba selamatkan file anda dengan aplikasi file recovery seperti 'Recuva'. Atau silahkan bawa hardisk anda ke tempat service hardisk terdekat.

Kesimpulan


Memang sangat sulit memperbaiki hardisk yang sudah terlanjur rusak, namun lebih baik juga mendeteksi tanda-tanda kerusakan pada hardisk dengan cepat agar hardisk bisa diperbaiki sebelum kerusakan bertambah parah. Saran lain adalah dengan membeli hardisk cadangan dan melakukan backup data secara rutin sehingga bila hardisk kita rusak, maka data-data penting kita bakal aman dan terselamatkan di hardisk cadangan.

Gimana guys, mudahkan cara mengenali TANDA – TANDA KERUSAKAN HARDISK LAPTOP TOSHIBA, nah, sekarang, tinggal anda praktek dan apabila hardisk anda mengalami kerusakan, segera di perbaiki. Ok guys
Back to Top