-->

Tuesday, November 22, 2016

PENYEBAB KERUSAKAN HARDISK DI LIHAT DARI SEGI PERMASALAHANNYA



Masalah yang paling umum terjadi bagi hard disk dimana pun berada adalah Bad Sector. Bad Sector merupakan data kecil yang tidak dapat terbaca oleh hard disk. Yang menjadi masalah adalah jika bad sector pada hard disk terus bertambah, maka lama-kelamaan hard disk akan rusak (seluruh informasi tidak dapat diakses atau dibaca). Ada banyak sekali  jenis bad sector namun disini saya akan menjelaskan beberara jenis bad sector yang di tinjau dari penyebabnya.

 BERBAGAI MACAM KERUSAKAN HARD DISK DAN PENYEBABNYA


1.  Integrity Disk Error


Pada bagian ini, kerusakan disebabkan karena kesalahan pemakaian software low level format atau memang kesalahan software dari pabrik yang menyebabkan rusak/crash. Ciri-ciri kerusakan ini antara lain file tidak bisa di format, atau file di format namun tidak bisa 100% hal ini de sebabkan sistem operasi tidak akan dapat melanjutnya instalasi jika ditemukan bad sector pada system area, dan pemeriksaan yang dilakukan dengan Scandisk akan terasa lama dan terhambat.

2.  Physical Error


Sesuai dengan namanya, hard disk mengalami kerusakan karena fisik dari hard disk mengalami goresan yang keras dan membekas di piringan hard disk, terjatuh sehingga merusak komponen dalam hard disk, penyaring udara pada hard disk berlubang atau ketidak hati-hatian pengguna hard disk saat memindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Ciri-ciri dari kerusakan ini antara lain terdengar bunyi yang asing pada saat hard disk dialiri listrik atau pada saat komputer beroperasi. Selain itu, lapisan media disk pada platter terlihat cacat fisik (bercak dan kotor) atau berubah warna menjadi memudar ke kuning-kuningan.

3.  Normal Bad Sector


Bad sector ini disebabkan karena kesalahan-kesalahan sederhana para pengguna komputer seperti cara mematikan komputer yang sebarangan, tidak menggunakan UPS sehingga tidak aman pada saat listrik padam. Keadaan tersebut memberikan kerusakan yang nyata pada seluruh komponen komputer terutama hard disk karena saat sedang bekerja tiba-tiba tegang listrik hilang sehingga proses pada komputer langsung terhenti begitu saja. Ciri-ciri dari kerusakan ini antara lain jika discan dengan Scandisk, Bad sector tampak terpencar dan tidak berurutan. Jika memakai software DiskManager akan menampilkan banyak pesan  Error Correction Code , Integrity Disk Eror dan Phyysical Error.


4.  Unknown Error


Kerusakan jenis ini disebabkan karena ketidak sengajaan atau faktor diluar kendali pengguna seperti virus yang menyerang sistem operasi dan controler yang tidak cocok dengan motherboard (not compatible). Bad sector yang disebabkan oleh virus biasanya terus terlihat walaupun anda sudah berulang-ulang kali menformat hard disk karena memang virus masih berdiam diri di resident.


Nah, sekarang anda sudah tau, apa penyebab dan cara mengatasi hardisk yang rusak. sekarang, agar semua tips di atas berjalan dengan lancar, maka, segera lakukan dan ikuti step by step nya.
         
Sekian informasi yang saya ketahui tentang penyebab-penyebab dari kerusakan hard disk, semoga informasi tersebut dapat berguna bagi anda yang sering menggunakan komputer dan ingin merawatnya agar awet.

Back to Top