-->

Tuesday, November 22, 2016

BEGINILAH CARA MERAWAT HARDISK KOMPUTER DAN LAPTOP SEGALA MEREK




INILAH CARA MERAWAT HARDISK LAPTOP SEMUA MEREK


·         Jaga harddisk agar terhindar dari benturan, misalnya laptop agan tiba – tiba jatuh atau terbentur benda keras maka harddisk akan cepat rusak atau lebih extrimnya kalo harddisk terjatuh bisa matot gan


·         Jangan terlalu banyak membuat partisi harddisk agan biasanya partisi yang di anjurkan sampai 3 partisi seperti DRIVE C untuk sistem, DRIVE D untuk file agan dan 1 lagi DRIVE E untuk file agan yang lain bisa game,tugas kulaih, dll. fungsinya untuk membagi atau ,memisahkan file file agan.


·         Jangan terlalu sering menginstal ulang atau memformat harddisk agan, karena akan memperpendek umur harddisk agan.


·         Jangan menyimpan file atau document sampai membuat kapasitas harddisk agan penuh, apalagi di drive c atau sistem komputer agan, mengapa? karena akan membuat kinerja komputer agan akan menurun karena kehabisan ruang memory atau disk space dan bisa bisa hang atau bisa juga jadi melambatkan kinerja komputer agan.



·         Jangan menggunakan laptop agan di atas kasur atau pun tempat yang dapat menyerap panas karena suhu yang panas juga akan membuat harddisk cepat rusak dan juga hang. Jadi, saat menggunakan laptop, taruhlah laptop diatas meja atau pun pada area yang tidak menyerap dan membuat panas laptop agan dan bias - bisa blower agan jadi tidak jalan juga bisa jadi overhead.



·         Gunakanlah softwaree antivirus untuk memindai dan menghapus virus untuk menjaga laptop dan harddisk agan agar tetap aman dari serangan virus berbahaya yang menyebabkan kinerja komputer agan menjadi labat dan merusak system OS agan dan harddisk. karena virus merupakan salah satu penyebab kerusakan yang paling sering terjadi.

Jangan mematikan komputer agan tanpa mengunakan tombol shut down, karena mematikan komputer atau laptop secara paksa dengan menekan tombol power off akan cepat merusak harddisk agan bayangkan saja ketika harddisk agan sedang berputar atau sedang berjalan dan membaca lalu dengan seketika di matikan tanpa menghentikan software yang sedang berjalan atau terbaca oleh harddisk maka harddisk tersebut akan shock dan membuat nya menjadi bad sector.
 jadi matikanlah laptop/komputer agan dengan menggunakan tombol shutdown agar tidak merusak harddisk agan.
·         Gunakanlah software defragment untuk mendefrag harddisk agan dan menghindari fragmentasi yang bisa membuat kinerja harddisk atau komputer agan menurun. akan tetapi agan harus teratur dalam menggunakannya karena apabila terlalu keseringan melakukan defragment malah akan membahayakan kesehatan hardisk agan, jadi biasanya gunakanlah software ini ketika perlu atau tergantung penggunaan dari komputer biasanya, software ini terdapat pada bawaan instalasi diwindows agan. gunakanlah minimal 1 atau 2 bulan sekali atau tergantung pemakaian komputer atau laptop agan jangan terlalu cepat menggunakannya gan sewajarnya aja hehe.


·         Saran ane kalo komputer/PC alangkah baiknya agan menggunakan stabilizer atau stavolt untuk menghindari aliran listrik yang mati mendadak karena bisa menyebakan harddisk pc agan cepat rusak karena listrik yang tidak stabil atau karena sering mati mendadak.


·         Menghapus file file yang tidak agan gunakan atau tidak penting pada harddisk agan karena semakin banyak ruang kosong di harddisk agan maka kinerja harddisk agan akan lebih baik insyaallah hehe.


Back to Top